Monday, November 30, 2015

Serunya Acara BCA Career Land

Setelah lulus kuliah, hal yang akan kita lakukan tidak lain adalah memilih tempat bekerja. Karena bekerja menyangkut masa depan, pastinya kita akan memilih tempat kerja dengan prospek kerja yang bagus dan pekerjaan tetap yang sesuai dengan minat serta passion kita.

Bagi para mahasiswa/i yang belum punya gambaran tempat bekerja yang ideal, bank bisa menjadi salah satu pilihan. Ternyata bekerja di bank tidak hanya seputar keuangan maupun bisnis saja. Banyak bidang-bidang lain yang juga tidak kalah seru dan pastinya memiliki jenjang karier yang bagus. Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi lebih dalam mengenai berbagai jenis pekerjaan atau variasi pekerjaan yang di dunia perbankan, Bank BCA menyelenggarakan acara yang diberi nama BCA Career Land.

Apa itu BCA Career Land? BCA Career Land adalah pintu pengenalan mengenai dunia kerja di bidang perbankan khususnya BCA. Kegiatan ini bernuansa pop art dengan aneka ragam warna sesuai dengan variasi pilihan karir yang ada, sehingga mahasiswa/i dan lulusan baru dapat menemukan serta membangun karir yang sesuai dengan passion dan skill yang dimiliki.

Nah, Sabtu, 21 November 2015 lalu saya berkesempatan menghadiri BCA Career Land di The Hall, Senayan City lantai 8. Acara ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi 1 dimulai pukul 10.00 – 14.30 WIB dan sesi 2 di pukul 15.00-21.00 WIB. Kebetulan saya mendapat giliran masuk pada sesi 2. Saat sampai di lokasi saya melihat antrian yang lumayan panjang menandakan bahwa acara ini mendapat antusias yang baik dari para peserta.

Memasuki area pameran, terlihat keramaian dari banyaknya peserta. Disini peserta diajak mengelilingi 7 land yaitu Life at BCA, Operation & Information Technology Land, Individual Banking Land, Retail & Commercial Banking Land, BCA Group, Corporate Banking Land, dan Regional & Branch Banking Land. Dari setiap area tersebut peserta diberi tantangan untuk mengetahui informasi apa yang didapat lalu dituliskan ke dalam note yang telah diberikan dan nantinya note tersebut akan diberi cap oleh panitia. Saat sudah mendapat minimal 5 cap, peserta akan mendapatkan sertifikat khusus dari BCA Career Land.

Di setiap land juga terdapat games berhadiah. Menarik kan? Dan yang lebih menarik, peserta dapat melihat rangkaian proses dan merasakan representasi suasana kerja yang membangun serta menyenangkan.


Setelah dibahas gambaran luas dari acara ini, saya akan membahas satu persatu area yang terdapat di BCA Career Land ini. Area pertama yang saya kunjungi adalah Life at BCA, area ini mempresentasikan bagaimana kehidupan karyawan di BCA, seperti aktivitas team engagement, community of interest, dan hal – hal menarik lainnya. Peserta akan melihat sisi BCA sebagai tempat bekerja yang menyenangkan dan suportif, karena karyawan adalah kunci kesuksesan BCA sehingga dapat menjadi bank swasta terbesar di Indonesia hingga saat ini.

Area Life at BCA
Di area ini, peserta diajak untuk melihat secret video yang berisi kegiatan-kegiatan olahraga yang dilakukan oleh karyawan-karyawan BCA.

Secret video, harus mengintip melalui pipa untuk melihat video.
Disebelah secret video, terdapat career tree untuk mengetahui pekerjaan apa yang cocok di BCA sesuai dengan kepribadian kita.

Career tree, kepribadian menentukan posisi pekerjaan.
Terdapat papan yang penuh dengan kertas note yang berisi kesan dan pesan di area ini.

Banyak kesan positif.
Disebelah papan kesan dan pesan terdapat papan berisi foto-foto yang memperlihatkan inovasi-inovasi karyawan di BCA Innovation Award. BCA Innovation Award merupakan ajang karyawan untuk terus berinovasi demi kemajuan BCA disamping BCA Award yang merupakan ajang penghargaan bagi karyawan berprestasi.

Penghargaan atas inovasi.
Di land ini disediakan juga tablet PC berisi permainan yang diberi nama BCA Fun Games. BCA Fun Games merupakan games untuk memperkenalkan BCA yang dikemas secara menarik dan menyenangkan.

Antarmuka BCA Fun Game.
Disebelah area Life at BCA merupakan area Operation & Information Technology Land. Pada area ini, akan ditampilkan gambaran di balik layar dari konsistensi BCA dalam berinovasi baik dari sisi produk, layanan, operasional, maupun teknologi informasi dalam menghadapi perkembangan teknologi yang kian pesat. Operation & Information Technology Land dibagi menjadi 3 divisi yaitu IT, perbankan domestik, & perbankan. Di area ini diperlihatkan perkembangan teknologi di BCA seperti dari kartu ATM dan teknologi-teknologi yang memudahkan nasabah seperti aplikasi Sakuku yang belum lama ini launching.

Mahasiswa sedang bertanya mengenai divisi Operation dan IT.
Flow pekerjaan IT BCA.
Bahasa pemrograman yang digunakan IT BCA.
Area berikutnya adalah Individual Banking Land. Pada area ini, peserta memperoleh informasi yang lebih menyeluruh dan menarik mengenai proses di balik layar BCA dalam merancang solusi-solusi yang tepat bagi kebutuhan nasabah individu seperti kredit konsumen. Salah satu sub divisi dari Individual Banking adalah WPM adalah sub divisi yang mengelola produk-produk investasi seperti Bancassurance, ORI, dan Reksadana di BCA. Selain itu di ICB juga terdapat bagian yang mengelola layanan Prioritas dan Solitaire bagi nasabah “premium” BCA.

Suasana di area Individual Banking Land.
Selanjutnya yaitu area Retail & Commercial Banking Land. Di area ini, peserta memperoleh gambaran mengenai proses kreatif yang dilakukan oleh BCA sehingga dapat menghasilkan produk dana dan jasa yang berpusat pada kebutuhan nasabah individu & organisasi. Retail & Commercial Banking, yang memiliki 4 bidang pekerjaan yakni Research and Development (melakukan riset/kajian serta mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah), Marketing and Journalist (menyampaikan berita dan informasi seputar BCA melalui media digital (social media) dan media konvensional), Event Organizer (menyelenggarakan event dan mengadakan campaign yang berhubungan dengan promosi BCA), dan Advertising and Design (membuat desain kartu serta membuat iklan-iklan yang biasa kita lihat di publik). 

Suasana di area Retail & Commercial Banking Land.
Tampil dengan latar belakang desain pop art.
Area selanjutnya adalah BCA Group. Grup BCA didukung oleh jaringan perusahaan yang memiliki profesionalisme dan kredibilitas tinggi diantaranya BCA Insurance, BCA Syariah, CS Finance, BCA Finance, BCA Life dan BCA Sekuritas.

Suasana keramaian di area BCA Group.
Di seberang area BCA Group terdapat area Corporate Banking Land. Di area Corporate Banking Land peserta mendapat informasi tentang bagaimana cara BCA melakukan pengelolaan kebutuhan kredit yang bernilai tambah bagi nasabah korporasi dan nasabah ekspor impor. Corporate Banking terbagi menjadi empat sub divisi yakni Treasury yang bertugas untuk mengelola likuiditas bank secara optimal dan memastikan bahwa setiap bagian dalam bank dapat memenuhi kebutuhannya dalam menjalankan fungsi bisnis bank; International Banking yang bertugas memberikan solusi bisnis bagi para pelaku ekspor dan impor dan juga mengembangkan berbagai produk dan layanan perdagangan serta pembayaran internasional bagi nasabah; International Operation yang bertugas untuk membangun sentra yang unggul dalam transaksi perdagangan dan pembayaran internasional; dan Credit Analysist yang bertugas untuk melakukan analisa terhadap permohonan kredit produktf yang diajukan oleh calon debitur.

Area Corporate Banking Land dengan suasana restoran.
Peserta memadati restoran “Corporate Banking”
Area terakhir adalah Regional & Branch Banking Land. Pada area ini peserta mendapatkan gambaran mengenai inovasi-inovasi yang dilakukan oleh BCA dalam memberikan layanan dan solusi terbaik bagi nasabah.  Layanan kepada nasabah adalah salah satu hal utama yang harus diperhatikan oleh BCA. Salah satu sub divisi dari Regional & Branch Banking adalah Divisi Strategi dan Pengembangan Operasi Layanan (DPOL) yang berinovasi dengan membentuk Forum MC2, My Video, dan Solution Centre dengan menggunakan e-mail dan instant messaging.

Fitur-fitur yang dibuat oleh DPOL memudahkan komunikasi antar karyawan.
Suasana area Regional & Branch Banking Land.
Selain 7 area tersebut, pada BCA Career Land turut dihadiri pembicara-pembicara professional yang berbagi informasi mengenai BCA sehingga peserta mendapatkan inspirasi di dunia kerja terutama perbankan. Salah satu pembicaranya adalah Direktur BCA Armand Hartono, Chief Manager BCA Hendra Tanumihardja, dan Aeran Ismail dari LinkedIn. 

Pada BCA Career Land juga tersedia lounge yang nyaman. Area ini diperuntukan bagi peserta yang ingin berkonsultasi dengan praktisi Human Resource BCA. Peserta bisa membahas tentang bidang yang sesuai dengan passion dan skill yang dimiliki.

Menarik sekali hadir dalam rangkaian acara BCA Career Land, selain dapat mengeksplorasi ilmu dibidang perbankan, peserta juga mengetahui kegiatan bekerja di BCA. Ditambah games seru di setiap area, BCA Career Land membuat event tidak kaku dan interaktif.

No comments:

Post a Comment