Friday, November 20, 2015

Pentingnya Menjadi Seorang Entrepreneur

Entrepreneur adalah seorang pembuat keputusan yang membantu terbentuknya sistem ekonomi perusahaan yang bebas. Pertumbuhan ekonomi suatu negara pada dasarnya tidak terlepas dari meningkatnya jumlah penduduk yang berjiwa wirausaha. Perekonomian yang baik berbanding lurus dengan jumlah penduduk yang berwirausaha.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2008 lebih dari 10 juta orang di Indonesia tidak memiliki pekerjaan dan berada di bawah garis kemiskinan. Hal ini, disebabkan oleh sikap mental yang cepat puas dengan hasil kerja, etos kerja yang kurang menghargai kerja keras dan kurangnya pangetahuan mengenai kewirausahaan. Indonesia yang merupakan negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia ini membutuhkan jiwa-jiwa entrepreneurship untuk merangsang pertumbuhan ekonomi yang kian terpuruk. Menjadi seorang wirausaha dinilai sebagai tindakan yang paling tepat untuk meningkatkan taraf hidup seseorang dan lebih jauhnya lagi juga berkontribusi untuk memperbaiki perekonomian dalam negeri. Dengan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, tidak perlu bergantung kepada orang lain ataupun instansi tertentu, kita dapat berkontribusi dalam kemakmuran Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan adanya entrepreneur, lapangan kerja akan meningkat, sehingga berdampak pada pengurangan jumlah pengangguran dan angka kemisikinan sehingga meningkatkan perekonomian negara. 

Mayoritas masyarakat Indonesia merasa enggan berwirausaha karena pola pikir yang beranggapan bahwa memulai suatu usaha haruslah mempunyai modal yang besar serta bakat dan keterampilan yang mumpuni. Selain itu, adanya ketakutan akan resiko bisnis yang gagal dijalankan. Padahal, jika kita menilik kisah – kisah entrepreneur sukses, mereka biasa memulai dengan modal yang kecil namun berkat keuletan serta kesabaran mereka dapat mengembangkannya menjadi usaha yang sukses. Kegagalan dalam berwirausaha adalah hal yang lumrah terjadi. Seperti pepatah mengatakan, bersakit – sakit dahulu, bersenang – senang kemudian. Nah, jika kita ingin sukses, maka harus ada kerikil – kerikil tajam yang harus kita lewati agar kita bisa berdiri di puncak.

Saat ini, pengangguran tidak hanya berstatus lulusan SD, SMP, maupun SMA, tapi juga para sarjana. Persaingan yang semakin tinggi dikarenakan semakin banyaknya sarjana-sarjana yang dicetak setiap tahunnya tidak diimbangi dengan kenaikan jumlah lapangan pekerjaan dan juga, tidak ada yang bisa menjamin bahwa seorang sarjana dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Sebagai mahasiswa, kita harus benar- benar jeli dalam melihat setiap peluang dan kesempatan yang ada, serta harus pandai-pandai mengasah otak kita agar bisa menjadi entrepreneur. Mahasiswa hendaknya tidak hanya stuck pada perolehan prestasi dan nilai akademis saja, tapi juga bagaimana hidup mereka setelah lulus dan menjadi sarjana kelak. Bibit wirausaha harus ditanamkan sejak dini agar kita mampu menghadapi kegagalan dan tetap fokus, ulet serta tekun meniti usaha kita, karena di zaman serba canggih sekarang ini, pemuda berjiwa wirausaha dengan profesionalitas tinggi sangat dibutuhkan guna menghadapi arus globalisasi. Gerakan kewirausahaan sebagai salah satu gerakan agar para lulusan perguruan tinggi tidak selalu menjadi pekerja di perusahaan besar, utamanya perusahaan asing. Mahasiswa harusnya bisa membuat suatu usaha mandiri yang bisa bermanfaat untuk khalayak, mahasiswa sudah tidak perlu memikirkan perusahaan ternama lagi setelah kuliah, tetapi bisa membuat usaha mandiri, membuat lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Sebagai mahasiswa yang diharapkan menjadi penerus intelek bangsa, kita diharapkan mampu membangun bagsa Indonesia yang lebih maju dan mampu menangani masalah-masalah yang dimiliki bangsa ini, terutama masalah ekonomi seperti kemiskinan, pengangguran, kenaikan harga bahan pokok tak terkendali, krisis ekonomi, dan lain sebagainya. Kita diharapkan mampu menjadi pemuda entrepreneur yaitu pemuda berjiwa wirausaha, karena dengan menjadi wirausaha kita lebih mandiri, kita bebas mengeksplor segala bakat dan kemampuan yang kita miliki sehingga timbulah rasa puas dalam diri ketika melihat usaha yang dibangun bias sukses.

Dengan menjadi seorang entrepreneur, kita ikut menyelamatkan hidup orang banyak dari jurang kemiskinan dan kita juga turut memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia. Wirausahawan dituntut untuk berfikir kreatif sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan sebagai perputaran uang bagi diri sendiri dan masyarakat.

Maka dari itu, marilah kita menjadi young entrepreneur yang berdaya saing tinggi serta bijaksana sehingga kita bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat. Tidak ada yang tidak dapat kita lakukan selagi kita mau berusaha.

Source:
dengan penyesuaian.

No comments:

Post a Comment